Minggu, 08 Januari 2012

Rencana Pembelajaran Macapat dengan Metode Audiolingual

Materi : Tembang Macapat Pangkur
Indikator : Siswa mampu melagukan tembang macapat
5’         Pembukaan
5’         Guru menjelaskan tentang tembang macapat Pangkur dan menuliskan contohnya
45’       Guru mencontohkan bagaimana menyanyikan tembang Pangkur. Seluruh siswa dalam kelas mengikuti contoh yang dicontohkan oleh guru. Pertama setiap siswa mengulangi baris-baris nada secara serempak. Bila baris nada tersebut telah diucapkan dengan benar secara serempak, maka guru membagi kelas menjadi dua kelompok dan baris nada tersebut tadi diulangi dan diucapkan secara bergantian. Berikutnya, setiap siswa seorang demi seorang melagukan tembang Pangkur. Akhirnya, guru menyuruh siswa seorang demi seorang menembangkan tembang Pangkur di depan kelas.
 15’      Apabila kelas telah dianggap memadai, guru menyuruh para siswa untuk mengenali dan memahami isi kalimat-kalimat yang terdapat pada tembang Pangkur yang diajarkan.
20’       Para siswa saling mengajukan pertanyaan atau memberikan petunjuk kepada siswa lain. Terakhir guru memberikan pekerjaan rumah untuk pelajaran yang akan datang yang terdiri dari menyimak rekaman-rekaman tembang Pangkur yang lain  dan melatih atau mempraktekannya lebih banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar