Selasa, 07 Agustus 2012

MAKALAH : ALIH KODE DAN CAMPUR KODE PADA FACEBOOK MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA JAWA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Bahasa merupakan satu wujud yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Bahasa adalah sistem lambang bunyi yang arbitrer yang digunakan oleh suatu masyarakat untuk bekerjasama, berinteraksi, dan mengidentifikasi diri Harimukti Kridalaksana ( 1984:19 ). Sejalan dengan pemikiran Abdul Chaer dan Leonie Agustina (2004:11) ciri-ciri yang merupakan hakikat bahasa antara lain, bahwa bahasa itu sebuah sistem lambang, berupa bunyi, bersifat arbitrer, produktif, dinamis, beragam, dan manusiawi.
Manusia sangat membutuhkan bahasa sebagai alat untuk menyampaikan pikiran dan ide-idenya dengan maksud ingin mengutarakannya kepada pihak lain. Bahasa merupakan ungkapan pengalaman batin seseorang yang berfungsi mewujudkan ide yang ada di dalam pikiran manusia. Indonesia memiliki ragam bahasa yang beraneka di antaranya bahasa Indonesia, bahasa daerah, dan bahasa Inggris. Penggunaan bahasa yang beraneka ragam ini membuat masyarakat Indonesia sering mengalih kodekan dan mencampur adukan berbagai bahasa tersebut. Pengalih kode dan pencampur adukan bahasa ini misalnya terjadi di forum jejaring sosial seperti Facebook. Facebook merupakan sebuah forum jejaring sosial dengan pengguna terbanyak di dunia termasuk juga di Indonesia, penggunanya berasal dari manapun, dengan latar belakang masing-masing, juga dengan penggunaan bahasa masing-masing. Hal inilah yang menyebabkan berbagai bahasa berbaur disini dan yang sering menimbulkan pengalih kode dan pencampuran kode.
Pengalih kode dan pencampuran kode ini juga terjadi pada facebook mahasiswa Pendidikan Bahasa Daerah Universitas Negeri Yogyakarta. Pengalih kode dan pencampuran kode ini biasanya terjadi antara bahasa ibu bahasa Jawa dengan bahasa Indonesia atau juga bahasa Inggris yang diajarkan di pendidikan Indonesia.

Berdasarkan uraian di atas, peneliti tertarik untuk menganalisis “ALIH KODE DAN CAMPUR KODE PADA FACEBOOK MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA JAWA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA”.
Kangge makalah lengkapipun saged dipundownload wonten link menika Makalah Alih kode campur kode facebook.pdf

3 komentar:

  1. minta full samapai daftar pustakanya gan isi makalahnya....bila boleh tolong kirim ke a7xandry@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu linknya masih berlaku kok mas, langsung dipundownload kemawon

      Hapus
    2. saya sagat bangga sekali seandainya seluruh masyarakat jawa mau tahu ttg sastra jawa ,termasuk budaya jawa dlm keseharian tanpa melihat agamanya

      Hapus